0


20/06/2009 21:21:20 ‹ayuna› silahkan wahai pasangan mitsu, dan safariza, mohon dilanjutkan debatnya
20/06/2009 21:21:22 * adzki keluar (waktu habis)
20/06/2009 21:21:25 * adhy_prabu keluar (waktu habis)
20/06/2009 21:21:56 * mukhalafatunnafsi keluar (waktu habis)
20/06/2009 21:21:58 ‹mitsu› APA PUN NAMANYA, AAL YG DITERAPKAN KONSE EKONOMI YG DI SANDARKAN ALQUR’AN DAN HADIS, NO PROBLEM..
20/06/2009 21:22:17 ‹el_qossam› ????
20/06/2009 21:22:27 ‹mitsu› APA PUN NAMANYA, ASAL YG DITERAPKAN KONSE EKONOMI YG DI SANDARKAN ALQUR’AN DAN HADIS, NO PROBLEM..
20/06/2009 21:22:28 ‹safariza› mitsu, Ekonomi yang kapitalistik menekankan kepada pertumbuhan, bukan pada pemerataan, sedangkan ekonomi Islam menekankan kepada kedua-duanya, baik pertumbuhan maupun pemerataan
20/06/2009 21:23:04 ‹upika› mau tanya dung..taaruf dicyber mq dan forum taaruf di internetbagaimana menurut kalian?
20/06/2009 21:23:13 ‹mitsu› safariza, TAU NGGK PRINSIP SASAR EKIS?."
20/06/2009 21:23:21 ‹elektra› upika, bahaya besar
20/06/2009 21:23:21 ‹el_qossam› ikutan nimbrung ....
20/06/2009 21:23:23 ‹safariza› waduu..safa pamit dulu..
20/06/2009 21:23:28 ‹safariza› mitsu, he..?
20/06/2009 21:23:31 ‹mitsu› TAU NGGK PRINSIP DASAR EKIS?."
20/06/2009 21:23:45 ‹safariza› dasar eksis apaan?
20/06/2009 21:23:48 ‹ayuna› elektra, kenapa bahaya?
20/06/2009 21:23:57 ‹el_qossam› ????
20/06/2009 21:24:02 ‹upika› elektra--oo gitunya
20/06/2009 21:24:05 ‹el_qossam› udah jgn pada ribut.....
20/06/2009 21:24:12 ‹upika› mau tanya dung..taaruf dicyber mq dan forum taaruf di internetbagaimana menurut kalian?
20/06/2009 21:24:17 ‹elektra› ayuna, soalnya disni tuh penuh tipuan dan muslihat
20/06/2009 21:24:19 ‹mitsu› KEADILAN
20/06/2009 21:24:30 ‹elektra› 1 orang aja punya 13 id yang beda
20/06/2009 21:24:33 ‹safariza› upika, kagak tau, lom pernah nyoba
20/06/2009 21:24:42 ‹cybersalam› upika, klo bener2 mau taaruf jangan di cyber
20/06/2009 21:24:45 ‹safariza› mitsu, kagak jelasssss
20/06/2009 21:25:02 ‹mitsu› safariza, TAU PERSOALAN EKNOMI SEKARANG?."
20/06/2009 21:25:03 ‹safariza› elektra, betulkah?
20/06/2009 21:25:07 ‹safariza› ck...ck...
20/06/2009 21:25:14 ‹upika› mm..gitu ya
20/06/2009 21:25:17 ‹safariza› mitsu, apa?
20/06/2009 21:25:23 ‹ayuna› hehehe betul kata si elektra,
20/06/2009 21:25:28 ‹cybersalam› upika, yups
20/06/2009 21:25:29 ‹mitsu› "DISTRIBUSI YANG TIDAK MERATA..
20/06/2009 21:25:55 ‹safariza› mitsu, disebabkan kegagalan ekonomi kapitalis
20/06/2009 21:25:56 ‹el_qossam› sekarng waktunya untuk berjuang demi tegaknya izzul islam wal muslimin
20/06/2009 21:25:56 ‹el_qossam› mitsu, iya setuju keadilan tp bkn partai keadilan sejahtera ya????
20/06/2009 21:26:04 * ayuna nyimak mitsu aza
20/06/2009 21:26:05 * mustofa41 bergabung CyberMQ Online Chat
20/06/2009 21:26:12 ‹upika› bisa dijelaskan lebih detil?
20/06/2009 21:26:28 ‹safariza› mitsu, cepetan kasih bahasannya, ane mo pamit
20/06/2009 21:26:37 ‹upika› kalau bgitu forum kayak MTKS di kota santri jg begitu?
20/06/2009 21:26:42 ‹mitsu› "MAKANNYA,WALAUPUN PEMERINTAH MENGKLAIM PERTUMBUHAN EKONOMI SEKARANG MENINGKAT, TAPI ORANG MISKIN NGGAK BERKURANG,MALAH NMBAH..
20/06/2009 21:26:45 ‹cybersalam› el_qossam, yups
20/06/2009 21:26:53 ‹cybersalam› keadilan tapi bukan PKS
20/06/2009 21:27:00 ‹mitsu› "TAU KENAPA?."
20/06/2009 21:27:36 ‹safariza› mitsu, jangan salah, JK pernah loh mengklaim itu
20/06/2009 21:27:37 ‹mitsu› "KARENA TERJADI DISTRIBUSI KEKAYAAN YANG TIDAK MERATA..
20/06/2009 21:27:40 ‹cybersalam› mitsu, emang knapa?
20/06/2009 21:28:05 ‹cybersalam› karena sistenbta yang bobrok kali
20/06/2009 21:28:24 ‹mitsu› "KEKAYAAN HANYA DI NIKMATI OLEH SGELINTIR ORANG (PEMILIK MODAL)
20/06/2009 21:28:24 * si_kumpay bergabung CyberMQ Online Chat
20/06/2009 21:28:36 ‹ayuna› mitsu, mmmmmmmm lalu
20/06/2009 21:28:38 ‹el_qossam› ???
20/06/2009 21:28:45 ‹safariza› 1
20/06/2009 21:28:49 ‹mustofa41› aslm.....blh bergabung
20/06/2009 21:28:53 ‹mitsu› JUSTRU INILAH CIRI NEO LIBEAL!
20/06/2009 21:28:58 ‹cybersalam› mustofa41, tafadhol
20/06/2009 21:29:08 ‹safariza› 2
20/06/2009 21:29:19 ‹cybersalam› 3
20/06/2009 21:29:25 ‹mitsu› JUSTRU INILAH CIRI NEO LIBERAL!
20/06/2009 21:29:29 ‹mustofa41› 4
20/06/2009 21:29:40 ‹safariza› 4
20/06/2009 21:29:41 ‹cybersalam› mitsu, so
20/06/2009 21:29:46 ‹safariza› eh, 3
20/06/2009 21:29:48 ‹mitsu› safariza, SAYA NGGAK BILAK SBY ATAU JK..
20/06/2009 21:29:48 ‹safariza› 4
20/06/2009 21:29:58 ‹cybersalam› 5
20/06/2009 21:30:01 ‹safariza› mitsu, hmmmm.....
20/06/2009 21:30:11 ‹si_kumpay› Assalamu’alaikum warahmatullah....
20/06/2009 21:30:11 ‹mustofa41› 6
20/06/2009 21:30:15 ‹safariza› trus kenapa tadi lebih cepat lebih baik?
20/06/2009 21:30:22 ‹cybersalam› 7
20/06/2009 21:30:28 ‹safariza› 5
20/06/2009 21:30:29 ‹si_kumpay› 8
20/06/2009 21:30:31 ‹mustofa41› 8
20/06/2009 21:30:36 ‹si_kumpay›
20/06/2009 21:30:37 ‹mitsu› "YANG JELAS,BUKTI DI ATAS SUDAH CUKUP MENJELASKAN BAHWA NEO LIBERALITU BUAN ISU..!!!
20/06/2009 21:30:37 ‹cybersalam› 0
20/06/2009 21:30:46 * bobon keluar (waktu habis)
20/06/2009 21:30:59 ‹nyantri› tes
20/06/2009 21:31:02 ‹safariza› yang bilang isu siapa?
20/06/2009 21:31:02 * cybersalam pilih mitsu, deh
20/06/2009 21:31:05 * nyantri kembali
20/06/2009 21:31:13 ‹safariza› kenyataan kok udah bobrok!
20/06/2009 21:31:15 ‹mitsu› safariza, konsep JK lebih jelas,,,
20/06/2009 21:31:24 ‹el_qossam› karean menurut yang ana pahami sesuai dgn pemahaman ulama salaf bahwa
20/06/2009 21:31:27 ‹mitsu› "SBY & MEGANORMATIF..
20/06/2009 21:31:29 ‹nyantri› JK ok
20/06/2009 21:31:31 ‹safariza› mitsu, kenal ga ma JK sebenarnya?
20/06/2009 21:31:48 ‹safariza› el_qossam, ya?
20/06/2009 21:31:49 * mams bergabung CyberMQ Online Chat
20/06/2009 21:31:52 ‹el_qossam› TEGAKNYA DIEN INI HARUSLAH DENGAN KITAB SEBAGAI PETUNJUK DAN PEDANG SEBAGAI PENOLONG
20/06/2009 21:31:52 ‹cybersalam› klo sistemny masih bobrok mah kyknya ngak bakal adil dan sejatera deh
20/06/2009 21:32:00 ‹mustofa41› """ 2 ""
20/06/2009 21:32:08 ‹mitsu› safariza, CAPRES SEKARANG SEBENANYA NGGAK ADA YG BAGUS!
20/06/2009 21:32:10 ‹cybersalam› Aqidahnya di benahi dulu
20/06/2009 21:32:17 ‹safariza› mitsu, betul!
20/06/2009 21:32:18 ‹si_kumpay›
20/06/2009 21:32:22 ‹el_qossam› KITAB MENJELASKAN APA2 YANG DILARANG DAN DIPERINTAHKAN OLEH ALLOH, PEDANG MEMBELA DAN MENOLONGNYA
20/06/2009 21:32:25 ‹safariza› makanya safa mo abstain
20/06/2009 21:32:40 ‹mams› assalamualaikum
20/06/2009 21:32:41 * marina-ayieq keluar (waktu habis)
20/06/2009 21:32:52 ‹cybersalam› mau make eko apa kek, klo masih make sistem manusia gak bakal berhasil
20/06/2009 21:32:57 ‹si_kumpay› wa’alaikum salam....
20/06/2009 21:32:58 ‹mitsu› mitsu, Makannya, kalo anti bilang JK jelek ane nggak menyangkal itu..
20/06/2009 21:32:58 ‹safariza› mams, wa’alaikumsalam wr wb
20/06/2009 21:33:06 ‹el_qossam› BUKAN MELALUI PARTAI2 ATAU CARA2 YANG MENGIKUTI MILLAH YAHUDI WA NASORO
20/06/2009 21:33:12 ‹el_qossam› MISAL DEMOKRASI
20/06/2009 21:33:16 ‹mams› makasih silahken lanjuts
20/06/2009 21:33:17 ‹mitsu› wa’alaikumsalam wr wb
20/06/2009 21:33:32 ‹cybersalam› el_qossam, ada kok partai juga
20/06/2009 21:33:36 ‹safariza› el_qossam, anti domokrasi
20/06/2009 21:33:38 ‹cybersalam› hizbullah
20/06/2009 21:33:40 ‹mitsu› safariza, TAPI KITA PILIH YANG JEEKNYA PALNG SEDIKIT..
20/06/2009 21:33:51 ‹el_qossam› cybersalam, YUK KITA DAKWAHKAN TAUHID.......
20/06/2009 21:33:52 ‹cybersalam› lawannya hizbusyaithan
20/06/2009 21:33:54 ‹safariza› 1234567
20/06/2009 21:33:58 ‹safariza› 8910
20/06/2009 21:34:01 ‹safariza› safa pamit
20/06/2009 21:34:03 ‹safariza› da malam
20/06/2009 21:34:27 ‹safariza› insya Alloh ada waktu besok
20/06/2009 21:34:28 ‹el_qossam› KARENA YANG ANA RASAKN JARANG SEKALI, DAKWAH TAUHID
20/06/2009 21:34:31 ‹mitsu› "apakah kita masih tetap mendukug NO 2 yg wakilnya jelas2 mafia barkeley??
20/06/2009 21:34:43 ‹el_qossam› YANG MANA DAKWAH TAUHID ITU ADALAH POKOK DARI DAKWAH PAA ROSUL
20/06/2009 21:34:49 ‹cybersalam› mitsu, di marhin partai islam loh
20/06/2009 21:34:59 ‹safariza› mitsu, itu ga akan dipake sama sekali
20/06/2009 21:35:02 ‹safariza› udah ya

Dikirim pada 20 Juni 2009 di Catatan

20:56:51 ‹ayuna› Apa pendapat kalian tentang pacaran yang melebihi batas sebelum nikah misalkan dengan adanya pegangan tangan hingga ciuman???? hayoooooo dijawab poling poling pendapat..........
20/06/2009 20:56:54 * marina-ayieq keluar (waktu habis)
20/06/2009 20:57:06 ‹cybersalam› ayuna, tidak ada pacarab dalam islam
20/06/2009 20:57:12 ‹elektra› ayuna, dapat hadiah ga?
20/06/2009 20:57:13 ‹amystar› ayuna, Haram Ummi!!!
20/06/2009 20:57:25 ‹ayuna› elektra, dapat doa hehehe
20/06/2009 20:57:27 ‹amystar› elektra, hadiah mulu??
20/06/2009 20:57:40 ‹elektra› isrng iseng berhadiah
20/06/2009 20:57:42 ‹mitsu› safariza, uda kebuka lum?."
20/06/2009 20:57:42 ‹cybersalam› ayuna, tidak ada pacaran dalam islam
20/06/2009 20:57:44 ‹elektra› hehe
20/06/2009 20:57:48 * boeds_27 keluar (waktu habis)
20/06/2009 20:57:51 ‹ayuna› cybersalam, lalu?
20/06/2009 20:57:56 ‹ayuna› amystar, lalu?
20/06/2009 20:57:59 ‹elektra› pacaran sih boleh aja tapi
20/06/2009 20:58:07 ‹cybersalam› sebelum nikah itu yang ada adalah taaruf
20/06/2009 20:58:08 ‹amystar› ayuna, lalu lintas,,
20/06/2009 20:58:13 ‹cybersalam› itu juga ada batas2nya
20/06/2009 20:58:22 ‹safariza› mitsu, belum
20/06/2009 20:58:23 ‹amystar› cybersalam,
20/06/2009 20:58:25 ‹elektra› heeee pacaran boleh ko
20/06/2009 20:58:35 ‹amystar› elektra, tapi???
20/06/2009 20:58:36 ‹ayuna› bagaimana kita menanggapi remaja jaman sekarang yang menghalalkan pacaran hingga diluar batas???
20/06/2009 20:58:45 ‹safariza› elektra, kalo udah nikah
20/06/2009 20:58:49 ‹cybersalam› ayuna, harus di sadarkan
20/06/2009 20:58:54 ‹elektra› tapi jangan di bumi Allah ini bikin bumi sendiri
20/06/2009 20:58:57 ‹mitsu› safariza, jaringan sana jelek tu
20/06/2009 20:59:01 ‹amystar› cara menyadarkannya??
20/06/2009 20:59:02 ‹cybersalam› mereka pacara karena jauh dari islam
20/06/2009 20:59:07 ‹elektra› ciptain sendiri kalo bisa
20/06/2009 20:59:10 ‹elektra› heheh
20/06/2009 20:59:18 ‹safariza› mitsu, waduuu...blognya mitsu tuh yang jelek
20/06/2009 20:59:24 * rarabatavia keluar (waktu habis)
20/06/2009 20:59:24 ‹cybersalam› di beri pemahaman tentang islam
20/06/2009 20:59:38 ‹amystar› elektra, Ciptain aja pake setrummu sendiri itu...
20/06/2009 20:59:51 ‹safariza› amystar,
20/06/2009 20:59:54 * karan_arjun keluar (waktu habis)
20/06/2009 20:59:55 ‹amystar› cybersalam, pada susahhhhhhh.....
20/06/2009 20:59:59 ‹elektra› amystar, maksudnya tuh ga mungkin
20/06/2009 21:00:15 ‹amystar› elektra, owhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
20/06/2009 21:00:25 ‹safariza› mitsu, ada tulisan lain ga tentang eko syariah?
20/06/2009 21:00:26 ‹mitsu› safariza, walah!!
20/06/2009 21:00:38 ‹ayuna› cybersalam, bagaimana menyadarkannya?
20/06/2009 21:00:56 ‹mitsu› safariza, safariza, DI BLOG TU ADA..
20/06/2009 21:01:04 ‹elektra› eh kalo gitu besok kita demo yuk ke HI judulnya gerakan antni pacaran dan ciuman
20/06/2009 21:01:15 ‹safariza› mitsu, kagak kebuka jugaaaaa.....
20/06/2009 21:01:27 ‹safariza› elektra,
20/06/2009 21:01:31 ‹amystar› tessss...
20/06/2009 21:01:31 ‹ayuna› bagaimana cara menyadarkan remaja2 sekarang ini yang sudah pacaran sampai diluar batas agama?
20/06/2009 21:01:33 ‹amystar› 1
20/06/2009 21:01:37 ‹amystar› 2
20/06/2009 21:01:38 ‹amystar› 3
20/06/2009 21:01:40 ‹amystar› 4
20/06/2009 21:01:41 * amystar quit (dikeluarkan dari CyberMQ Online Chat oleh noflood)
20/06/2009 21:01:48 ‹ayuna› bagaimana cara menyadarkan remaja2 sekarang ini yang sudah pacaran sampai diluar batas agama?
20/06/2009 21:01:56 * amystar bergabung CyberMQ Online Chat
20/06/2009 21:02:03 ‹ayuna› amystar, hehehhe amy diusir flood
20/06/2009 21:02:07 ‹amystar› wassalammu’alikum..
20/06/2009 21:02:13 ‹mitsu› safariza, DISINI BISA KOK..
20/06/2009 21:02:34 ‹elektra› ayuna, ya dengan mendekati trus kasih tau lo ga boleh pacaran dan bla bla bla............
20/06/2009 21:02:39 ‹ayuna› elektra, ayuk
20/06/2009 21:02:49 ‹ayuna› elektra,

Dikirim pada 20 Juni 2009 di Catatan

20:29:18 ‹ayuna› apa pendapat kalian tentang komunitas CyberMq......... menambah ilmu kah atau menambah mudharat kah? menambah musuhkah atau menambah saudara kah?????
20/06/2009 20:29:21 ‹cybersalam› ada apa dengan dauroh
20/06/2009 20:29:23 ‹amystar› Daurah Kak cybersalam, ???
20/06/2009 20:29:33 ‹amystar› Daurah itu apa?
20/06/2009 20:29:34 * marina-ayieq bergabung CyberMQ Online Chat
20/06/2009 20:29:40 ‹amystar› Tahsin juga apa?
20/06/2009 20:29:43 ‹rarabatavia› ayieq
20/06/2009 20:29:45 ‹cybersalam› amystar, dauraoh=MABIT=Halaqoh
20/06/2009 20:29:46 * yufida_ulmi keluar (waktu habis)
20/06/2009 20:29:55 ‹safariza› ayuna, menambah saudara
20/06/2009 20:30:07 ‹safariza› seperti amystar contohnya
20/06/2009 20:30:25 ‹ayuna› ayo ayo ayo poling poling pendapat................. apa pendapat kalian tentang komunitas CyberMq......... menambah ilmu kah atau menambah mudharat kah? menambah musuhkah atau menambah saudara kah?????
20/06/2009 20:30:28 * marina-ayieq bergabung CyberMQ Online Chat
20/06/2009 20:30:38 ‹cybersalam› ayuna, tergantung sikon
20/06/2009 20:30:43 * upika bergabung CyberMQ Online Chat
20/06/2009 20:30:43 ‹nyantri› Tahsin = belajar tilawah yg benar dan sesuai aturan kaidah dan tajwid
20/06/2009 20:30:46 ‹marina-ayieq› rara..
20/06/2009 20:30:59 ‹ayuna› cybersalam, kalo sikon saat ini?
20/06/2009 20:31:05 ‹marina-ayieq› assalammu’alaikum
20/06/2009 20:31:16 ‹ayuna› marina-ayieq, wa’alaikumsalam
20/06/2009 20:31:23 ‹nyantri› ayuna, sementara ini menambah ilmu menambah saudara
20/06/2009 20:31:24 ‹Jean› ayuna, mba inikan di cbmq ntar di catet server lagi hehehe
20/06/2009 20:31:25 ‹rarabatavia› marina-ayieq, waalaikumsalam
20/06/2009 20:31:25 * karan_arjun bergabung CyberMQ Online Chat
20/06/2009 20:31:25 ‹safariza› marina-ayieq, wa’alikumsalam wr wb
20/06/2009 20:31:30 ‹upika› assalamualaikum wr wb
20/06/2009 20:31:32 ‹cybersalam› ayuna, sikon saat ini bisa menmbah teman chat
20/06/2009 20:31:37 ‹dalis› waaykumslm................
20/06/2009 20:31:43 ‹marina-ayieq› upika, wa’alaikumsalam
20/06/2009 20:31:47 ‹rarabatavia› marina-ayieq, bentar lagi rara pamit
20/06/2009 20:31:50 ‹upika› lg mbahas apakah disini?
20/06/2009 20:31:55 ‹rarabatavia› upika, waalaikumsalam
20/06/2009 20:32:02 ‹karan_arjun› ehem
20/06/2009 20:32:05 ‹marina-ayieq› rarabatavia, ya.koq cepet sich.blm jg ngobrol
20/06/2009 20:32:14 ‹ayuna› cybersalam,
20/06/2009 20:32:24 ‹cybersalam› ayuna,
20/06/2009 20:32:24 ‹Jean› amarina-ayieq, waalaikumsalam wr wb
20/06/2009 20:32:44 ‹upika› hemm??
20/06/2009 20:32:46 ‹ayuna› bentar ya............. aku mau ada urusan dulu.............. silahkan tuliskan pendapatnya sekarang...........
20/06/2009 20:32:46 ‹cybersalam› wenten wong banten tah ning room niki
20/06/2009 20:32:48 ‹amystar› nyantri, syukran atas jawabannya..
20/06/2009 20:33:04 ‹marina-ayieq› rarabatavia, ya.koq cepet sich.blm jg ngobrol’0
20/06/2009 20:33:32 ‹Jean› marina-ayieq, ga ibuk neh?
20/06/2009 20:33:48 ‹marina-ayieq› Jean, ga jean...knp? ada yg bisa di bantu?
20/06/2009 20:33:50 ‹ayuna› marina-ayieq, nyantri, Jean, rarabatavia, upika, dalis, apa pendapat kalian tentang komunitas CyberMq......... menambah ilmu kah atau menambah mudharat kah? menambah musuhkah atau menambah saudara kah?????
20/06/2009 20:34:11 ‹karan_arjun› ayuna, ana ga disebut neh
20/06/2009 20:34:16 ‹karan_arjun›
20/06/2009 20:34:19 ‹ayuna› apa pendapat kalian tentang komunitas CyberMq......... menambah ilmu kah atau menambah mudharat kah? menambah musuhkah atau menambah saudara kah?????
20/06/2009 20:34:21 ‹nyantri› ayuna, tadi ane dah jawab
20/06/2009 20:34:23 ‹ayuna› karan_arjun, apa pendapat kalian tentang komunitas CyberMq......... menambah ilmu kah atau menambah mudharat kah? menambah musuhkah atau menambah saudara kah?????
20/06/2009 20:34:28 ‹Jean› marina-ayieq, cum atany mba hehehe
20/06/2009 20:34:31 ‹ayuna› nyantri, ga lihat
20/06/2009 20:34:39 ‹ayuna› karan_arjun,
20/06/2009 20:34:41 ‹marina-ayieq› alhamdulillah sampai saat ini menambah yg baek2 ,
20/06/2009 20:34:44 ‹nyantri› weleh
20/06/2009 20:34:57 ‹karan_arjun› ayuna,
20/06/2009 20:35:03 ‹marina-ayieq› Jean, qrain mo curhat..
20/06/2009 20:35:05 ‹ayuna› karan_arjun, ayo jawab
20/06/2009 20:35:09 ‹cybersalam› boten wenten yah
20/06/2009 20:35:13 ‹karan_arjun› klo ana seh menambah sodara dan ilmu
20/06/2009 20:35:32 * kozimasakai keluar (waktu habis)
20/06/2009 20:35:39 ‹ayuna› ayo sapa lagi yang mau jawab??????
20/06/2009 20:35:40 ‹upika› ya smoga bisa nambh ilmu n sodara
20/06/2009 20:35:47 ‹ayuna›
20/06/2009 20:36:06 * Jean udah mulai lemot nehh....
20/06/2009 20:36:07 ‹amystar› Ada yang udah hafidz Al Qur’an lum nih????????
20/06/2009 20:36:12 ‹nyantri› ayuna, sementara ini menambah ilmu menambah saudara, menambah amal mudah2an
20/06/2009 20:36:24 ‹karan_arjun› Jean, harus pakai pantun tuh
20/06/2009 20:36:27 ‹ayuna› nyantri, amiiiiiin

Dikirim pada 20 Juni 2009 di Catatan

Ada tiga sifat yang menimbulkan kerusakan terhadap sesama makhluk. Sifat-sifat itu, menurut Rasulullah SAW, pertama syuhhun mutha’un, kedua hawan muttaba’un, dan ketiga i’jabul mar-i bi nafsihi.’’ Syuhhun mutha’un berasal dari sifat kikir yang selalu ditaati. Naluri kesetanan itu memang paling mudah bersenyawa dengan watak buruk manusia yang lebih suka menerima daripada memberi, lebih gigih menuntut hak ketimbang membayarnya. Maka berbiaklah sifat durjana: selalu ingin menguasai, merampas segalanya, pantang memberi kesempatan pada orang lain.

Tanda-tanda sifat itu bisa disimak dari anak cucunya. Mereka, karena begitu mudah mendapatkan uang, akan mempergunakannya untuk menyebarkan kebinasaan dan kemaksiatan. Di belakang hari, nama besar pun takkan mampu menghapus mereka dari catatan sejarah.

Adapun hawan muttaba’un merupakan sisi lain dari kepribadian ganda manusia. Sebenarnya hawan atau nafsu adalah karunia Ilahi yang sangat mulia bila disalurkan sesuai norma kebaikan. Dengan nafsu, manusia akan menggerakkan akalnya untuk mencipta dan berkarya, menabur jasa bagi kesejahteraan bersama.

Cuma sayangnya, semua keutamaan nafsu itu sering menyimpang dari rel, melindas hak Allah dan hak makhluk, yakni jika dibiarkan bebas tanpa kendali. Nafsu seperti itu akan mengubah manusia menjadi gergasi. Kata Nabi SAW, para pemimpin negara akan menjadi singa, para pemegang hukum akan menjadi anjing, para menteri akan menjadi serigala, dan rakyat akan teraniaya sebagai domba.

Sedangkan i’jabul mar-i binafsihi (bangga diri) bersumber dari keangkuhan dan kesombongan manusia. Seolah sesuatu yang baik takkan terwujud tanpa ’’aku.’’ Ia hanya kagum akan dirinya, dan berpikir tak ada orang lain yang mampu seperti dia. Hanya ’’aku’’ yang tidak berdosa, hanya ’’aku’’ yang jujur, hanya ’’aku’’ yang mampu, meski sebetulnya ’’aku’’ lah biang segala kekacauan.

Allahu Akbar. Alangkah dahsyatnya kerusakan yang akan menimpa dunia, jika ketiga sifat itu berkumpul pada satu orang. Sungguh tak terbayangkan. Itu sebabnya Nabi SAW memberi jalan keluar, seperti diingatkan melalui Alquran. ’’Wahai nafsu yang damai, kembalilah ke jalan Tuhanmu dengan rela dan disukai.’’

Bandingkan sifat sang durjana itu dengan seorang pemimpin sederhana, Sa’ad bin Abi Waqqash. Lantaran setianya kepada Rasulullah SAW, sahabat itu dijamin akan dikabul semua doanya. Pantas kemudian ia menjadi gantungan harapan dari orang-orang yang membutuhkan pertolongan.

Namun anehnya, ketika usianya kian lanjut, Sa’ad justru menderita rabun mata sampai nyaris buta sama sekali. ’’Hai Sa’ad,’’ orang menegurnya. ’’Kenapa engkau tidak berdoa supaya Allah menyembuhkan penyakit matamu dan memulihkan penglihatanmu?’’ Dengan tawakal Sa’ad menjawab, ’’Kerelaanku menerima takdir Tuhan lebih mulia bagiku daripada melihat dunia dengan mataku.’’
Ayuna

Dikirim pada 09 Juni 2009 di Catatan
Awal « 1 2 3 4 » Akhir
Profile

hmmmmm... Hanya ingin bercerita dan berbagi More About me

Page
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 1.019.958 kali


connect with ABATASA