0


Pastikan seluruh keluarga, mulai dari bayi sampai kakek-nenek tercukupi kebutuhan gizinya. Panduan makanan sehat sesuai usia berikut ini mungkin bisa membantu Anda.

Makan sehat adalah dasar dari kondisi kesehatan yang baik. Namun memilah makanan yang baik bagi seluruh keluarga dapat menjadi tantangan tersendiri.

Masing-masing anggota keluarga memiliki kebutuhan berbeda sesuai usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas dan kondisi medis. Semua harus diperhitungkan saat merencanakan makanan untuk seluruh keluarga.

Untuk Ayah dan Ibu

Umumnya, orang dewasa disarankan untuk mengikuti rekomendasi berikut:

Kendalikan asupan lemak. Lemak jenuh dalam produk-produk hewan dapat meningkatkan kadar kolesterol dan mudah tersimpan dalam tubuh sebagai jaringan lemak. Usahakan Anda mendapatkan asupan lemak dari sumber lemak tak jenuh, khususnya asam lemak tak jenuh ganda omega 3 yang terkandung dalam ikan.
Minumlah air minimal 8 gelas sehari.
Gunakan garam beryodium, namun tetap batasi konsumsi makanan asin. Berolahraga secara teratur untuk menunjang pola makan sehat Anda. Berolahraga mempercepat metabolisme dan memberikan manfat tambahan karena berat badan Anda lebih terkendali.
Untuk Bayi dan Anak

Mengenalkan dan menanamkan pola makan yang benar pada anak sangatlah penting sebagai dasar pembentukan sikap mereka terhadap makanan. Jika mereka rutin mengonsumsi makanan sehat sejak dini, kebiasaan ini akan terbawa hingga dewasa.

Pasyikan waktu makan keluarga menjadi saat yang menyenangkan, sehingga mereka menikmati saat-saat menyendok makanan sehat. Jangan paksa anak untuk makan apa yang mereka tidak sukai. Hal semacam ini justru akan membuat anak enggan makan. Sering-seringlah mengajak mereka mencoba 1 makanan baru. Jika Anda tidak berhasil untuk pertama kalinya, coba lagi.

Tak perlu menyiapkan makanan khusus, kecuali jika anak Anda masih bayi atau balita. Anak yang lebih besar dapat makan yang dimakan orangtuanya, namun dalam porsi yang lebih kecil. Dengan begini akan lebih mudah bagi mereka untuk menghabiskan apa yang ada di piring. Jika mereka masih lapar, mereka bisa minta tambah.

Untuk Kakek & Nenek

Orang tua lanjut cenderung lebih cepat lelah. Namun kelompok usia ini perlu mempertahankan tingkat energi mereka dengan terus berolahraga rutin (yang ringan seperti berjalan kaki). Ditunjang dengan pola makan ramah jantung niscaya berbagai macam penyakit bisa dicegah, kapasitas kaum lansia untuk makan mungkin akan berkurang, namun tetap penting untuk mengonsumsi menu yang bervarisi (yang rendah lemak dan gula).

Tips Makan Untuk Si Kecil

Berikut beberapa tips makan untuk anak:

Susilah bayi secara eksklusif dari lahir hingga usia 6 bulan, kemudian mulai kenalkan makanan tambahan sambil terus menyusui.
Monitor pertumbuhan anak secara teratur dan dorong mereka untuk aktif secara fisik.
Jangan biarkan anak tak sarapan. Sarapan adalah waktu makan terpenting dari hari anak, juga hari Anda. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan memberi tubuh energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas, tanpa sarapan, kemampuan anak untuk beraktivitas akan berkurang, begitu pula kemampuan belajarnya.
Jangan lupakan susu. Jenis yang rendah lemak bisa diberikan pada anak yang lebih tua maupun remaja, khususnya jika anak Anda mengalami kelebihan berat badan. Namun ingat, jangan berikan susu rendah lemak pada anak dibawah 2 tahun. Karena kebutuhan energi mereka yang tinggi, anak dibawah 2 tahun membutuhkan semua lemak yang terkandung dalam susu.
Untuk Kondisi Khusus Lansia

Menopause. Karena ancaman osteoporosis, makanan kaya kalsium adalah sesuatu yang wajib dalam diet lansia. Susu, produk lemak, ikan dan sayur-sayuran hijau adalah sumber terbaik. Jka asupan dari makanan tidak mencukupi, suplemen kalsium bisa dikonsumsi.
Masalah Khas Lansia. Jika sulit mengunyah dan menelan atau terjadi konstipasi, cobalah makanan yang lebih lembut dan mudah dicerna. Makanan tinggi serat juga baik, seperti roti gandum, pasta, buah dan sayuran.
Ayuna. Dari berbagai sumber

Dikirim pada 30 April 2009 di Aneka Tips


Ikan kaya kandungan gizinya. Baik ikan air tawar maupun ikan air laut, samaaâ€sama memiliki kandungan gizi, yaitu protein, lemak, vitamin dan mineral.

Protein

Kandungan protein ikan lebih tinggi dari protein serealia dikacang-kacangan, setara dengan daging, sedikit dibawah telur.
Protein ikan sangat mudah dicerna, sehingga baik bagi balita yang sistem pencernaannya belum sesempuna orang dewasa.
Protein ikan mengandung berbagai asam amino dalam bentuk yang mendekati asam amino didalam tubuh manusia. Komposisi asam amino protein ikan juga lebih lengkap dibanding bahan makanan lain, salah satunya taurin, sangat bermanfaat merangsang pertumbuhan sel otak balita.
Lemak

Asam lemak ikan merupakan asam lemak essensial yang sifatnya tidak jenuh. Asam lemak tidak jenuh sangat bermanfaat sangat bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan menjaga kestabilan kadar kolesterol lagi.
Beberapa ikan yang berasal dari laut dalam seperti salmon, tuna, sarden dan makarel, mengandung asam lemak yang tergabung dalam kelompok asam lemak omega.
Yang paling dominan dari kelompok ini adalah asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA). Keduanya bermanfaat dalam menurunkan kolesterol dalam darah dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak si kecil.
Vitamin

Vitamin A: banyak terdapat pada minyak hati ikan bermanfaat mencegah kebutaan pada anak.
Vitamin D: selain terdapat dalam daging ikan, juga pada telur serta minyak hati ikan. Vitamin ini penting bagi pertumbuhan dan kekuatan tulang.
Viatamin B6 : embantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf
Vitamin B 12 bermanfaat dalam pembentukan sel-sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf
Mineral

Zat besi: jauh lebih mudah diserap tubuh ketimbang dari sumber lain seperti serealia atau kacang-kacangan. Zat besi membantu mencegah terjadinya anemia.
Yodium: mencegah terjadinya penyakit gondok serat hambatan pertumbuhan anak, bahkan juga kecerdasannya.
Selenium: berperan membantu metabolisme tubuh dan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas, antioksidan bisa mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti jantung koroner.
Seng: membantu kerja enzim dan hormon.
Fluor: menguatkan serta menyehatkan gigi si kecil.
Sayangnya, untuk bbeberapa balita, ikan, terutama yang berasal dari laut, mengandung senyawa yang mengandung senyawa penyebab alergi. Karena itu jika balita memiliki reaksi seperti timbul ruam dan gatal, dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.



Dikirim pada 30 April 2009 di Aneka Tips
30 Apr


Anda ingin menurunkan berat badan dengan cara alami? Mungkin beberapa metode diet yang sudah Anda kenal dapat Anda coba. "Tetapi, saya bingung, metode mana yang cocok untuk saya?" Begitu mungkin pikir Anda. Memang ada baiknya Anda berkonsultasi ke ahli atau spesialis gizi sebelum mulai berdiet.

Tetapi, sebenarnya ada cara lain yang dapat Anda pilih untuk mengurangi bobot. Yaitu mengkonsumsi makanan tertentu yang diyakini dapat membantu upaya penurunan berat badan. Sejumlah penelitian membuktikannya. Jadi, Anda tidak perlu menyiksa diri dengan mengikuti salah satu metode diet secara ketat. Menyenangkan, bukan? Berikut ini adalah sejumlah makanan yang ’berkhasiat’ tersebut.

Grapefruit
Di negara-negara Barat diet grapefruit sedang menjadi pembicaraan. Menurut Dr. Ken Fujioka, Kepala Peneliti Nutrition and Metabolic Research Center, Scripps Clinic, Amerika Serikat, ia dan rekan-rekannya memiliki data yang menunjukkan bahwa grapefruit memang dapat membantu menurunkan berat badan. Para partisipan penelitiannya tetap mempertahankan pola makan dan sedikit saja meningkatkan rutinitas olahraga. Satu-satunya perubahan adalah mereka mengkonsumsi grapefuit Florida dan jus grapefruit. Hasilnya, mengkonsumsi setengah grapefruit tiga kali sehari sebelum makan, membantu menurunkan bobot sebanyak 1,8 kg selama kurang lebih 12 minggu tanpa mengubah pola makan.

Para partisipan yang minum jus grapefruit menunjukkan penurunan berat badan yang nyaris sama. Namun, pada mereka yang mengkonsumsi kapsul ekstrak grapefruit diperoleh hasil yang kurang efektif. Para peneliti percaya bahwa efek grapefruit berasal dari kemampuannya menurunkan kadar insulin dïdalam tubuh. Insulin membantu mengkontrol proses metabolisme lemak. Rendahnya kadar insulin setelah makan membuat tubuh mampu memproses makanan dengan lebih efisien dan lebih sedikit menyimpannya sebagai lemak.

Serat
Telah banyak penelitian yang menyebutkan kehebatan serat dalam membantu menurunkan berat badan dan mengikis lemak tubuh saat bekerja dengan menimbulkan perasaan kenyang dan menunda penyerapan lemak saat lemak bergerak menuju usus. Jika dilihat dari segi kuantitas, serat dapat menggantikan makanan tinggi kalori, membuat Anda merasa kenyang, walaupun Anda hanya makan sedikit.

Pada dasarnya serat berasal dari dua bentuk, yaitu soluble, yang akan memperlambat pencernaan dan membantu tubuh menyerap nutrisi, dan insoluble, yang membantu memperlancar buang air besar. Serat soluble umumnya ditemukan pada sayur, buah, dan polong-polongan. Sedangkan serat insoluble ditemukan pada produk whole wheat serta kulit sayur dan buah.

Kalsium dan produk olahan susu
Gara-gara takut menjadi gemuk, banyak orang tidak memasukkan produk olahan susu (dairy products) dalam menu diet mereka. Padahal, produk ini bermanfaat membantu menghancurkan lemak di dalam tubuh. Kalsium dalam produk ini jauh lebih efektif menurunkan berat badan dibandingkan dengan kalsium dalam suplemen. Hal ini karena produk olahan susu mengandung wheyprotein, vitamin D, dan angiotensin onverting enzyme (ACE), yang semuanya, bekerjasama dengan kalsium, dapat mengurangi sel-sel lemak dan memecah lemak yang sudah ada.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang minum yogurt tiga kali sehari berhasil menurunkan lemak tubuh sebanyak 61% daripada mereka yang tidak minum yogurt. Mereka pun rata-rata mengalami penurunan berat badan sebanyak 7,5 kg. Selain itu, menurut Michael Zemel, PhD, ketua studi dan pengarang buku "The Calcium Key" (Wiley, 2004), yogurt juga mempertahankan kekuatan otot. Ini penting, sebab tujuan berdiet adalah mengikis lemak, bukan otot. Otot diperlukan untuk membantu membakar kalori.

Mereka yang mengkonsumsi produk olahan susu juga berhasil lebih banyak mengikis lemak di perut. Ini tentu sebuah kabar baik, mengingat perut dianggap sebagai tempat penyimpanan lemak yang paling berbahaya. Selain itu, beberapa partisipan berhasil menurunkan 2,5 cm lingkar pinggang mereka dengan menyertakan yogurt dalam diet setiap hari. Beberapa studi lainnya tentang kalsium dan penurunan berat badan diberikan oleh "The 13th European Congress on Obesity" pada tahun 2004. Para peneliti ini melihat bahwa mengkonsumsi kalsium dapat menghambat kenaikan berat badan yang biasanya timbul setelah seseorang berhenti berdiet.

Kacang-kacangan
Kacang seringkali dicap miring sebagai makanan tinggi lemak. Padahal, serat dalam kacang mampu menyerap lemak. Contohnya, serat di dalam dinding sel almond yang mampu mencegah penyerapan lemak, kendati dalam jumlah kecil. Sebuah studi menunjukkan bahwa pada tikus yang makan almond dan berdiet rendah kalori terjadi penurunan bobot yang jauh lebih besar. Tak hanya itu, tikus pun lebih lama mempertahankan penurunan berat badannya dibandingkan tikus yang melakukan diet yang sama, tetapi tidak makan almond. Studi selanjutnya perlu dilakukan untuk melihat apakah hasi yang sama akan terjadi pada manusia.

Teh
Banyak sekali studi yang menunjukkan adanya korelasi yang positif antara konsumsi teh dan penurunan berat badan. Sebuah studi terbaru terhadap 1210 orang di Taiwan menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kebiasaan minum teh satu kali atau lebih dalam seminggu selama enam bulan mengalami penurunan lemak tubuh sebanyak 19,6%. Lingkar pinggang dan pinggul pun berkurang sebanyak 2,1% dibandingkan mereka yang tidak minum teh. Hasil ini makin nyata pada orang yang secara teratur minum teh selama 10 tahun.

Studi lainnya mencoba melihat kaitan antara teh hijau serta ketahanan dan penggunaan lemak sebagai enerji pada sekelompok tikus. Ditemukan bahwa selama lebih dari 10 minggu mengkonsumsi teh hijau, ketahanan tikus saat berolahraga meningkat hingga 24%. Hal ini berasal dan penggunaan asam lemak untuk mendapatkan tambahan tenaga.

Studi ketiga mencoba melihat penurunan lemak tubuh dan bobotpada pria Jepang. Dalam studi ini ditemukan adanya penurunan lemak yang lebih besar pada mereka yang minum sebotol teh hijau setiap hari selama tiga bulan, dibandingan dengan mereka yang minum sebotol teh oolong setiap harinya. Hasilnya, bobot pria yang minum ekstrak teh hijau rata-rata turun 2,3 kg selama tiga bulan. Sedangkan yang minum teh oolong bobotnya hanya turun 1,5 kg.

dari berbagai sumber

Dikirim pada 30 April 2009 di Aneka Tips




“Berrrrr” begitulah reaksi dari beberapa orang setelah meneguk SPRITE dalam iklannya yang sering ditampilkan disemua stasiun televisi, baik yang lokal maupun yang swasta. Terbesit sebuah pikiran di benakku pagi ini setelah melihat iklan itu, kalo orang-orang setelah minum SPRITE mereka akan mengatakn Berrrr, gimana kalo tanaman disirami SPRITE ya??? Memang sih agak konyol tapi penasaran juga hehhehe…

Dengan sigap aku langsung pergi ke toko yang ada di depan rumah,
“pagi yun…” Mbak Wati pemilik toko itu menyapa
“pagi juga mbak… SPRITE nya ada?”
“ada… mau yang dingin atau yang anyep”
“hehehe yang dingin aza deh”

mbak wati langsung beranjak dari duduknya pergi ke lemari es untuk mengambil sebotol SPRITE dingin, “dibuka ga nih botolnya?” tanya Mbak Wati “yoi mbak… taro’ diplastik aza ya, biar ga cape-cape balikin botolnya” dengan telaten Mbak Wati pun memindahkan SPRITE ke wadah plastik yang bening, ditambah sedotan trus diberikannya sambil bertanya “pagi-pagi kok minum SPRITE nyidam ya???”
dengan tersipu malu aku menjawab
“hehehe… nih mbak uangnya… dua rebu khan?”
“thank’s ya”
“yoi”

cepat-cepat aku berlari menuju kebun belakang rumah, disana banyak sekali tanaman Kamboja milik suamiku, aku pilih salah satu yang kelihatannya agak layu, trus…. Kusiram pake SPRITE dingin tadi… awalnya tak nampak reaksi apapun, aku juga ga berharap tanaman Kamboja itu nyeletuk Berrr… mana ada bunga bisa ngomong hahhahaha… kutunggu beberapa menit, ga ada reaksi yang terjadi, makin lama aku makin penasaran, kok ga ada reaksinya ya… ya udah tanaman Kamboja yang udah aku kasih SPRITE aku sendirikan tempatnya di kebun belakang. Siangnya aku sibuk dengan rutinitas seperti biasanya, nyuci baju suami, nyetrika, baca-baca, sorenya pun seperti biasa, aku habiskan waktuku dengan mengajar les. Rutinitas berjalan seperti hari-hari yang lain, aku lupa dengan rasa penasaranku yang konyol, hehehe.

Lalu besok paginya setelah mengantar suami berangkat kerja, aku kembali ke kebun belakang untuk memeriksa keadaan tanamanku yang kemarin.

Wawww…. Ada yang mengejutkan… Kamboja yang kemarinnya lumpuh layu hehehe sekarang seger buger… Kamboja yang kemarennya lemah lunglai, sekarang tegak berseri… wihhh aneh juga ya… gara-gara rasa penasaran ini aku tambah penasaran lagi… gimana kalo kucing tetangga aku beri minum SPRITE… gimana reaksinya ya??? Apakah kucing itu nanti suaranya berubah jadi Meonggberr…. Meonggberr…. Meonggberr…. hahahahaha
Lucu ga lucu yang penting senyum karna senyum itu IBADAH

Dikirim pada 30 April 2009 di Catatan
Awal « 1 2 3 » Akhir
Profile

hmmmmm... Hanya ingin bercerita dan berbagi More About me

Page
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 1.019.979 kali


connect with ABATASA